Pengertian Dialisa

Ini adalah proses pembuangan limbah metabolik dan kelebihan cairan yang berasal dari dalam tubuh. Fungsi dari metode ini adalah supaya berbagai zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dapat dibuang, dan biasanya zat-zat tersebut sudah tercampur dalam darah.

Metode Dialisa

Dalam proses pembuangan limbah metabolik dari dalam tubuh ini, diketahui terdapat dua metode yang sering digunakan yaitu metode dialisa hemodialisa dan metode dialisa peritoneal.

Proses Pemberlakuan Metode Dialisa

Ada beberapa hal yang menyangkut proses metode ini, diantara lain adalah :
  1. Jika zat metabolism yang tidak dibutuhkan tubuh sudah tercampur dalam darah, maka darah akan dikeluarkan dari dalam tubuh seorang penderita menggunakan pompa yang masuk ke dalam mesin, pompa ini yang akan menyaring zat-zat beracun agar keluar dari darah. Setelah itu, darah penderita yang awalnya bercampur dengan berbagai metabolism tak penting akan kembali bersih. Kemudian darah yang sudah bersih dikembalikan lagi ke dalam tubuh menggunakan alat pemompa yang digunakan tadi, dan jumlah darah yang dimasukkan kembali kedalam tubuh disesuaikan dengan takaran yang dibutuhkan.
  2. Perlu juga diingat bahwa dalam metode ini, khusus menganai cairan yang mengandung zat seperti campuran gula dan garam dan terdapat dalam rongga perut, maka pompa harus dimasukkan ke dalam rongga perut untuk menyerap zat-zat racun dari jaringan. Selanjutnya, cairan yang mengandung zat tersebut akan dikeluarkan.



0 comments:

Post a Comment