Pengertian Kanker Payudara

Ini adalah salah satu penyakit dimana penderita mengalami pertumbuhan sel kanker dalam tubuhnya, khususnya pada daerah payudara. Lebih khusus lagi sel kanker ini tumbuh pada bagian payudara seperti kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak, maupun jaringan ikat yang ada pada payudara. Dan tentunya penyakit ini lebih sering terjadi pada kaum wanita.

Penyebab Kanker Payudara

Wanita akan beresiko terkena penyakit ini dikarenakan beberapa hal yang diantaranya adalah  riwayat keluarga penderita yang pernah menjadi penderita penyakit yang sama, atau faktor keturunan dan kekurangan hormon serta penggunaan pil KB secara salah.

Gejala Kanker Payudara

Gejala utama yang dirasakan penderita penyakit ini adalah berupa timbulnya banjolan pada jaringan payudaranya yang disertai dengan rasa nyeri jika disentuh. Selain itu gejala benjolan ini juga dapat terjadi pada bagian ketiak. Jika sudah begitu maka payudara penderita juga dapat mengalami perubahan ukuran, warna dan tekstur.

Diagnosa Kanker Payudara

Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit ini juga didiagnosis untuk menemukan penyebab dan gejalanya melalui pemeriksaan fisik penderita. Adapun metode pemeriksaan fisik yang dilakukan terhadap payudara penderita ini adalah biopsy, rontgen dada, atau pemeriksaan darah yang bertujuan untuk menilai fungsi hati dan penyebaran kanker ini selanjutnya.

Pengobatan Kanker Payudara

Jika penyakit ini sudah termasuk berat maka metode pengobatan yang harus ditempuh adalah melalui pembedahan, selain masih ada metode lain seperti terapi penyinaran dan pemberian obat untuk menghambat hormon.

0 comments:

Post a Comment