Pengertian Endometriosis

Ini adalah penyakit dimana penderita mengalami gangguan berupa timbulnya bercak-bercak pada jaringan endometrium yang pertumbuhan dan perkembanganya terjadi di luar rahim. Perlu juga diketahui bahwa penyakkit ini biasanya terbatas pada bagian rongga perut atau permukaanya.

Penyebab Endometriosis

Hingga sekarang belum diketahui secara pasti mengenai penyebab penyakit ini. Namun ada dugaan bahwa penyakit ini berhubungan dengan masa menstruasi yang dialami penderita atau juga karena faktor keturunan.

Gejala Endometriosis

Jika sudah mengalami penyakit ini maka penderita akan merasakan gejala seperti nyeri pada bagian perut bawah atau juga pada daerah daerah panggul, dan menstruasi yang tidak teratur,jika terus dibirkan maka gejala semakin bertambah akut hingga dapat menyebabkan penderita mengalami kemandulan.

Diagnosa Endometriosis

Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit ini didiagnosis untuk menemukan gejala dan penyebab melalui pemeriksaan fisik pada daerah yang terkena. Dengan diagnosis ini juga akan ditemukan tingkatan penyakit yang nantinya turut menentukan pengobatan yang tepat untuk diberikan kepada penderita.

Pengobatan Endometriosis

Secara umum yang disebut sebagai upaya pengobatan penyakit ini adalah melihat hasil diagnosis, setelah itu baru dilakukan pengobatan yang sesuai dengan tingkatan penyakit tersebut. Selain itu perlu juga diketahui bahwa dalam pengobatan penyakit ini juga harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti rencana kehamilan, usia penderita, dengan maksud supaya tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

0 comments:

Post a Comment