Pengertian Infeksi Cacing Tambang

Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing tambang jenis nematode yang biasa berkembang biak dalam usus kecil. 

Penyebab Infeksi Cacing Tambang

Dan jenis cacing ini diketahui terdiri dari dua jenis, yaitu Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Biasanya cacing seperti ini juga banyak terdapat di daerah perkebunan, dan disebut sebagai cacing tambang karena pertama kali ditemukan oleh pekerja tambang yang menderita penyakit.

Gejala Biasa Infeksi Cacing Tambang

Jika penderita sudah mengalami penyakit ini maka awalnya akan mengalami gejala umum seperti mual, muntah, nafsu makan berkurang, dan mengalami rasa sakit pada bagian perut, serta mengalami penurunan berat badan karena tidak ada nafsu makan.

Gejala umum lain Infeksi Cacing Tambang

Selain itu, penderita masih akan mengalami gejala lainya seperti demam, batuk dan bunyi nafas terdengar mengi atau penyakit bengek yang disebabkan oleh berpindahnya larva melalui paru-paru. Selain itu cacing penyebab penyakit ini juga bisa mengakibatkan penderita mengalami rasa nyeri pada bagian perut atas, dan penyakit Anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dan rendahnya kadar protein di dalam darah.

Diagnosis Infeksi Cacing Tambang

Tujuan dari diagnosis adalah untuk menemukan penyebab dan gejala penyakit yang ditunjukkan penderita melalui pemeriksaan pada tinja atau muntah untuk melihat adanya cacing penyebabnya. Selanjutnya akan ditemukan tingkatan penyakit yang berperan dalam menentukan metode pengobatan yang sesuai.

Pengobatan Infeksi Cacing Tambang

Dari tingkatan penyakit yang ditemukan dalam diagnosis penyakit ini kemudian akan menjadi dasar dalam menentukan metode pengobatan yang sesuai. Jika penyakit ini masih termasuk ringan maka pemberian obat dilakukan secara oral, sedangkan jika penyakit ini sudah termasuk berat maka pengobatan yang dilakukan adalah secara intraverna atau melalui pembuluh darah.

0 comments:

Post a Comment