Pengertian Trikinosis

Ini adalah penyakit yang disebabkan parasite cacing jenis Trichinella spiralis.

Penyebab Trikinosis

Seperti yang diketahui dari pengertianya bahwa penyakit ini disebabkan oleh cacing parasite jenis Trichinella spiralis yang biasanya berkembang biak dalam daging hewan tertentu yang mengalami penyakit kista, dan khususnya adalah pada daging babi. Oleh karena itu manusia yang biasanya terkena penyakit ini adalah yang suka mengkonsumsi daging babi.

Gejala Trikinosis

Jika sudah mengalami penyakit ini maka penderita akan mengalami gejala yang secara umum sama seperti penyakit infeksi yang disebabkan oleh cacing parasite pada umumnya.

Diagnosis Trikinosis

Tujuan dari diagnosis adalah menentukan penyebab pasti dari penyakit ini yang berasal dari parasite jenis trichinella spiralis, dan itu dapat dilakukan melalui pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan tinja di dalam laboratorium. Sedangkan gejala yang ditunjukkan juga dapat menjadi bahan runutan untuk mengetahui tingkatan penyakit yang nantinya digunakan dalam melakukan pengobatan.

Pengobatan Trikinosis

Setelah diagnosis ditemukan maka  selanjutnya penderita akan mengalami tahap pengobatan dimana secara umum penderita akan diberikan berbagai obat-obatan secara oral atau intraverna. Namun upaya pengobatan yang paling utama atau efektif adalah menghindari penyebabnya, yaitu mengkonsumsi daging babi. Penderita juga harus terus memeriksakan dirinya ke dokter untuk mengetahui perkembangan penyakit yang pernah dialaminya ini, karena harus benar-benar dinyatakan sembuh supaya penyakit ini tidak terulang kembali.


0 comments:

Post a Comment