Pengertian Askariasis

Pengertian Askariasis (infeksi cacing gelang usus) Askariasis (infeksi cacing gelang usus)
Ini adalah penyakit yang diyakini penyebabnya adalah jenis cacing Ascaris lumbricoides yang biasa berkembang biak pada daerah yang kebersihanya kurang terjaga.

Penyebab Askariasis

Seperti yang sudah diketahui dari pengertianya bahwa penyakit ini disebabkan oleh jenis cacing Ascaris lumbricoisdes atau cacing gelang usus, dimana proses penularanya adalah melalui  pembuluh getah bening dan aliran darah ke paru-paru.

Gejala Askariasis

Beberapa gejala yang dialami penderita penyakit ini adalah berupa penyakit demam, batuk dan suara nafas mengi. Jika penyakit ini lebih kronis maka gejala yang timbul adalah kram hebat pada bagian perut dan disertai dengan penyumbatan usus.

Diagnosa Askariasis

Tujuan dari diagnosis penyakit ini adalah untuk menemukan penyebab dan gejala yang nantinya juga digunakan dalam menentukan metode pengobatan yang sesuai. Dan untuk menemukan beberapa hal tersebut penderita harus menerima beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan tinja atau muntahan penderita untuk menemukan adanya cacing penyebab penyakit ini.

Pengobatan Askariasis

Setelah hasil diagnosis ditemukan kemudian dilanjutkan kepada tahap pengobatan, dimana secara umum penderita akan diberikan obat jenis pirantel pamoat atau mebendazol. Tapi yang patut menjadi perhatian bahwa jenis obat Mebendazol ini tidak boleh sembrangan diberikan kepada wanita hamil karena dapat menimbulkan efek samping yang berpengaruh terhadap kesehatan janin.

0 comments:

Post a Comment