Pengertian Trikuriasis

Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi berasal dari jenis cacing trichuris trichiura yang biasa berkembang biak dalam lingkungan yang kebersihanya tidak terjaga seperti di dalam tanah dan lumpur.

Penyebab Trikuriasis

Seperti yang sudah disebutkan dalam pengertianya bahwa penyakit ini disebabkan oleh cacing jenis Trichuris trichiura yang merupakan cacing cambuk usus. Proses masuknya ke dalam tubuh manusia adalah melalui Infeksi yang disebabkan oleh cacing ini setelah penderita menelan makanan yang sudah terkontaminasi.

Gejala Trikuriasis

Ada beberapa gejala yang akan dialami penderita yang diantaranya adalah nyeri perut dan diare, selain juga akan mengalami gejala lain seperti perdarahan usus, dan penyakit anemia, atau penurunan berat badan secara drastis.

Diagnosa Trikuriasis

Tujuan dari diagnosis adalah untuk menemukan penyebab dan gejala penyakit ini yang nantinya juga digunakan untuk menemukan metode pengobatan yang tepat pada penderita. Hasil diagnosis ini ditemukan setelah dilakukan pemeriksaan yang diantaranya adalah pemeriksaan contoh tinja dengan mikroskop, untuk menemukan adanya telur parasit.

Pengobatan Trikuriasis

Setelah hasil diagnosis ditemukan maka kemudian dilanjutkan dengan pengobatan. Jika penyakit ini termasuk ringan, maka pengobatan yang diperlukan belum terlalu spesifik, namun jika sudah termasuk berat maka obat seperti mebendazol harus diberikan secara intraverna. Tapia da satu hal yang perlu diperhatikan ada pemberian obat harus berhati-hati jika penderitanya adalah wanita hamil, karena kesalahan dalam memberikan obat dapat menimbulkan efek samping.

0 comments:

Post a Comment