Pengertian Ketagihan Obat

Ini adalah tindakan yang terpaksa dilakukan karena sudah mengalami keterbutuhan mendesak terhadap penggunaan berbagai macam zat seperti obat-obatan. Dengan begitu akan semakin dapat menyebabkan ketergantungan psikis dan fisik.  Yang disebut ketergantungan psikis adalah bentuk keinginan untuk terus meminum obat supaya dapat menimbulkan rasa senang atau mengurangi ketegangan dan ketidaknyamanan.

Jenis Obat Penyebab Ketagihan

Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan penderita ketergantungan menggunakan obat-obatan tersebut. Diantaranya adalah obat-obatan yang menyebabkan ketergantungan psikis seperti jenis obat-obatan yang berfungsi untuk mengurangi kecemasan dan ketegangan, atau untuk menimbulkan kegembiraan, dan membuat euforia berlebihan.

Penyebab Ketagihan Obat

Sebenarnya terjadinya ketergantungan seorang penderita terhadap obat penyebabnya adalah rumit dan tidak jelas. Namun diketahui bahwa proses ketergantungan ini dipengaruhi oleh zat kimia yang terkandung dalam obat, atau efek samping dari obattersebut, selain bisa juga karena kepribadian pengguna obat dan kondisi lainnya seperti faktor keturunan dan tekanan sosial.

Pengobatan Ketagihan Obat

Salah satu cara pengobatan ketergantungan penderita terhadap obat-obatan adalah dengan melakukan terapi secara bertahap. Tapi inti utama adalah upaya pencegahan dengan cara menjauhi obat-obatan serta berbagai efek sampingnya yang berbahaya. Jadi kesimpulanya juga dapat ditemukan bahwa pada dasarnya upaya pengobatan juga sangat dipengaruhi oleh kesadaran penderita atau keinginan untuk menjauhi obat-obatan ini.

0 comments:

Post a Comment